11.03.2013

Borobudur - lembah semut terindah di dunia

Beberapa hari terakhir saya risau. Kenapa? Karena sebagian besar media Indonesia mengabarkan bahwa Borobudur adalah bagian dari peninggalan budaya Yogyakarta. Padahal candi peniggalan Buddha Mahayana ini terletak di Magelang, Jawa Tengah, bukan di Yogyakarta (paling tidak untuk saat ini). Itu point pertama.

Warga masyarakat mana sih yang rela melihat budaya daerahnya diakui oleh bangsa lain. Lha wong diakui Negara tetangga aja nggak redonya setengah mati, lha ini diakui tetangga daerahnya sendiri, masih satu Negara. Ya agak begimana gitu sih. Untung masih satu Negara dan warga sekitar masih bisa merasakan manfaat dari budayanya sendiri, minimal sakit hatinya nggak gedhe-gedhe amatlah.


Letak geografis mungkin menjadi salahsatu penyebab kesalahan pemahaman informasi ini. jarak antara Yogyakrta dan Magelang memang tergolong dekat, sekitar 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Namun, yang menjadi kekhawatiran saya dalam sebuah video pariwisata dengan judul “The Beauty of Jogja Promo ICSE 2014” bisa dicari di youtube, dalam video berdurasi 12 menit dan 03 detik itu menampilkan materi tentang candi Borobudur adalah masuk bagian budaya pariwisata Yogyakarta. Hmmm.




Yuk merenung. Ketahui budayamu, akui budayamu. Sebelum diketahui dan diakui oleh bangsa lain.
Maturnuwun. Sing penting ojo jotos-jotosan opo maneh keroyokkan, kuwi dudu budoyomu.

Isi materi di blog ini tidak bermaksud memojokkan salah satu pihak. Semoga dengan tulisan ini, kita bisa saling membuka pikiran.


*sumber foto google

1 komentar:

syambessy mengatakan...

Kenapa judulnya : Borobudur - Lembah Semut Terindah di Dunia ?!

apakah benar ?!
kalau benar maka sungguh dahsyat borobudur ituπŸ‘πŸ˜ŠπŸ‘