12.19.2013

Bumi Kartini Jepara

JEPARA merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah. berjarak 35 km dari ibu kota Jawa Tengah, Semarang. tentu kita akan mengingat sosok RADEN AJENG KARTINI jika mendengar kata Jepara, tokoh emansipasi perempuan, selain kota ini dikenal sebagai kota ukir. inilah beberapa hasil mata kamera penulis saat berkunjung ke Museum RADEN AJENG KARTINI dan beberapa tempat di kota yang satu ini (17 Desember 2013).

RADEN AJENG KARTINI

RUKMINI (adik), KARTINI, KARDINAH (kakak)

DJOJODININGRAT (suami RADEN AJENG KARTINI)

*diambil dari Pantai bandengan

Pantai Bandengan atau "Klein Scheveningen", tempat di mana RADEN AJENG KARTINI sering meluangkan waktu pada masa remajanya untuk mencari inspirasi. sekarang pantai ini juga difungsikan sebagai wisata pantai di Jepara.

selain sebagai pelabuhan, kota Jepara dengan budaya baharinya, kota ini juga dikenal dengan tokoh-tokoh pembaharuan dari perempuan.



APA YANG DITAKUTI KALAU MANTAP/ YAKIN



RADEN AJENG KARTINI dilahirkan pada 21 April 1879 (28 Rabiulakhir 1808) di Mayong, Jepara. pada saat itu ayah Kartini, RM SOSRONINGRAT menjadi kepala distrik Mayong (sekarang Wedana).

RM SOSRONINGRAT

ruang kerja RADEN AJENG KARTINI
dengan meja, kursi, dan hiasan bunga: RADEN AJENG KARTINI telah menorehkan ketajaman penanya untuk membela kaumnya. dalam ruang kerja inilah surat-surat yang telah terkumul menjadi satu buku "HABIS GELAP TERBITLAH TERANG" tersusun dan tersaji.



Drs. RMP SOSROKARTONO
kakak kandung RADEN AJENG KARTINI yang ia sayangi, karena selalu memberi nasihat. lahir tanggal 10 April 1877 di Mayong, Jepara.
sarjana lulusan Universitas Leiden, Belanda. menguasai dan fasih berbahasa asing sebanyak 26 bahasa, terdiri : 9 bahasa asing timur, 17 bahasa asing barat.
dikenal sebagai "DOKTER AIR PUTIH" karena selalu memberi pengobatan dengan air, dan sarana kata agung "ALIF".

Drs. RMP SOSROKARTONO

KAMI AKAN MENGGOYAH-GOYAHKAN GEDUNG FEODALISME ITU DENGAN SEGALA TENAGA YANG ADA PADA KAMI, DAN ANDAIKAN HANYA ADA SATU POTONG BATU YANG JATUH KAMI AKAN MENGANGGAP, HIDUP KAMI TIDAK SIA-SIA.


foto-foto lain


ruang tamu





stadion kebanggaan warga Kalinyamat Jepara

2 komentar:

Dini Febia mengatakan...

Wah bagus juga ya.. Menarik untuk dikunjungi.

Baguse mengatakan...

Selamat Jalan-jalan! :-)