2.13.2014

"Yah Payah"



"Kita tuh, sejak pertama kali kenal, jadian, putus, sampe ngapa-ngapain berdua, itu belum pernah sekali pun ketemu."


Kenal lewat sms, kadang juga lewatnya nggak pake permisi, pede kalimat sampe jadian lewat sms, berantem dan putus juga lewat sms, cipokan juga pake emoticon cipok doang, dan sekarang aku udah ngenal kamu hampir dua tahun, dan kita belom pernah ketemu, sekali pun nggak pernah. Kamu selalu menolak saat diajak ketemuan, mau kamu apa sih?” Sri menggerutu Nino lewat chat whatsapp, kali ini udah nggak lewat sms.

Kejadian seperti di atas ada-ada saja. Dunia udah modern, semua udah bisa terjadi. Yang dulu kita nggak kepikiran kejadian seperti itu sekarang udah bisa terjadi. Nggak kepikiran kalo si Graham Bell bisa nemuin telepon, dari pasar loak maybe, mungkin dulu dia LDR sama pacarnya. Jadi, ini solusi yang terbaik buat remaja sekarang yang menjalani hubungan jarak jauh.

Nyulik anak orang juga bisa dilakukan lewat facebook, zaman sekarang. Nyinyir orang nggak harus kumpul sama temen arisan, kumpul bareng di salah satu sudut ruangan, ngocok undian, ngeGossip deh. Sekarang nggak harus begitu, lewat twitter. Nyinyir bisa dilakuakan kapan saja dan di mana aja. Pake hastag #nomention. Astaghfirullah. Maksiat ternyata juga bisa dilakukan di dunianya si maya.

Kita bisa mengenal orang baru tanpa harus bertemu. Banyak pilihan social media. Sikap-sikap seperti, saling merhormati yang kita pelajari di pelajaran PPKN dulu, kini menjadi sebuah sejarah. Sulit ditemukan dalam pergaulan remaja sekarang. Kita hanya bisa menemui kata ‘saling meghormati’ dalam tulisan ini dan juga dalam buku pelajaran PPKN. Kita lebih asik dengan orang yang nggak bisa kita lihat wajahnya di depan kita. Kita lebih asik dengan orang yang wajahnya ada di avatar whatsapp daripada di depan kita sendiri. Kita lebih enjoy dengan melihat wajah sendiri di depan cermin toilet mall, foto-foto. Bahkan ada saja yang meski pun dia ada di depan kita, masih sepat-sempatnya, “Gw kirim chat di whatsapp dibaca ya…” kan ini ngeselin banget. Apa susahnya sih menyampaikan langsung, bentar doang juga. Nggak ada waktu? Tapi, buat ngetik di whatsapp ada. Payah.

Alangkah baiknya, kemajuan technologi dibarengi kemajuan budaya sopan santun, etika, tutur kata, tindak tanduk. Bukan kemajuan zaman dibarengi kemunduran budaya luhur bangsa kita, saling menghormati dan tolong menolong.

Kamu nggak mati kok sesaat buat senyum ke orang sekitar. Nggak mati kok sesaat buat meminta tolong dengan cara yang baik. Tentu kita akan mematikan budaya sendiri dengan nggak memperdulikan budaya sosial kita sesaat.

Semua yang diciptakanNya ada takarannya, termasuk mencintaimu. Bagus Setiawan

Tidak ada komentar: