2.09.2014

Selamat Membaca



saya ini orangnya mudah sekali penasaran, mudah suka sama seseorang- yang jelas cewek, namun tidak mudah jatuh cinta, begitu juga tidak mudah untuk berkonsentrasi. lama dalam berfokus, semenit dua menit juga udah bubar, bahkan untuk mencari judul buku dalam rak perpustakaan, saya harus meminta bantuan seorang teman untuk mencarikannya.

konsentrasi saya yang lemah ini tentunya berakibat buruk bagi saya sendiri dan tentunya orang di sekitar saya. susah konsentrasi tidak lantas membuat saya juga susah fokus, saya orang yang kekeuh lho terhadap sesuatu, kalo udah difokusin, missal nyatanya ya, 3L itu. buku itu subenarnya sudah ada setahun sebelum buku itu benar-benar terbit, sempat molor enam bulan lantaran yang punya buku lagi magang di salah satu stasiun penyiaran nasional, tepatnya di daerah Kedoya, Jakbar, alhasil begidosdoslah, molor, nggak fokus.

saya baru ada keinginan untuk ngejadiin buku itu ke dalam bentuk utuh dengan beberapa pertimbangan. pertama, daripada hanya ganggur di draft laptop, nggak ada salahnya kan dijadiin satu biar bisa tertata lebih sedikit rapi dan aman lantaran hilang kena virus. sia-sia banget kan kalo sampe begitu kejadiannya. kan nggak lucu.

ke dua, ini ngenes banget mau menceritakannya bagaimana. sebelum hati saya terluka karena cinta, saya sempat berujar pada cinta lama saya itu, kalo saya pengen banget bisa ngelihat buku karya sendiri di rumah, saya pengen nulis buku, sederhana. dengan niat murni itu, ceile, saya pun benar-benar memberanikan diri buat melakukan niat tulus itu. apalagi dengan ditambah paksaan dari curahan hati saya yang lagi kacau-kacaunya saat itu gegara cinta lama saya pergi. dari situ saya benar-benar pengen ngebuktiin kalo saya bisa bikin yang beginian, buku maksudnya. kalo orang-orang bilang sih, ini pelarian curhat dari kesedihan hati. duh, kok jadinya buku tentang curhat.

oke, rasa penasaran saya untuk jadi penulis, minimal kesampaian.

Back, untuk mudah suka sama seseorang, sering banget. saking seringnya saya bahkan udah lupa caranya seneng sama lawan jenis, maksudnya homo? nggak. saya nggak homo. biarkan pasangan saya saja yang homo. sama aja kampret.

dari beberapa temen di kampus yang udah pernah saya tanya dengan pertanyaan yang sama juga, "Udah pernah naksir lawan jenis belom?" hampir 90 persen menjawab, "Ya sudahlah." sisanya menjawab dengan abstain, entah apa alasan mereka memberi jawaban seperti itu, mungkin untuk menutupi kedoknya sebagai asudahlah. tapi, saya tetep menghormari jawaban mereka.

Bayangin, 9 dari 10 orang udah pernah pacaran men, kayak iklan sampo aja, terus selama ini saya kemana? saya aja pacaran baru sekali, itu pun pas masuk semester lima, dan itu juga udah putus satu setengah tahun lalu. sial. ternyata saya anak yang cupu. kuper kalo anak sekarang bilang, kurang percobaan, itukan kepanjangannya?

iya, saya tuh mudah sekali suka sama cewek, dan mudah sekali ilfil, ilang filling, gila maksudnya. lihat cewek lagi nongrong di kantin kampus, makan mie kuah dengan anggunnya, tau-tau dia minum kuahnya sampe ngangkat mangkonya segala. kan itu bikin ilfill. iya gak fren?

lihat cewek pake kerudung full face, dengan eloknya menunggu bus dalam kota di pinggir jalan, gerimis hujan, romantis men, eh begitu busnya udah dateng dia melompat naik, bediri di dekat pintu kek kernet, tangannya melambai-lambai sambil treak-treak. kan bikin ilfill. iya gak fren?

meski pun saya mudah sekali suka sama cewek, tapi nggak dengan begitu pula bisa disimpulin kalo saya mudah jatuh cinta. nggak semudah itu fren. cinta itu suci, kalo kata Slank sih begitu. karena menurut saya, nyatain cinta itu nggak semudah kaya ngebeli gorengan di pinggir jalan, atau ngebeli ciki di warung deket pom bensin. cinta itu bahasa perasaan. bahasanya orang-orang kalo udah mau nikah. jadi kalo kita lagi demen sama seseorang terus kita ngungkapin ke dia kalo kita cinta, itu boong banget fren. sumpah boong banget. cinta itu butuh pengorbanan, meski pun juga orang yang lagi pedekate buat pacaran juga perlu perjuangan. namun, makna cinta itu lebih dalam fren. nggak banyak kosa kata yang bisa mewakili bahasa cinta. menurut saya sih, orang kalo udah nikah itu baru bisa dinamain cinta. tuh kan nggak segampang itu jatuh cinta. kamu harus nikahin dia kalo mau nyatain cinta.

sering penasaran iya, mudah suka sama lawan jenis sering, jatuh cinta pernah tapi belom pernah kesampean karna masih kuliah, konsentrasi, nah ini nih. saya itu tipikal orang yang punya daya konsentrasi lemah. lemah ya, bukan rendah. kalo lemah itu dalam takaran yang masih bisa dimaklumi. dalam artian takarannya beda-beda tergantung penilaian seseorang. nah, kalo dalam penilaian saya, saya itu seperti itu. nggak tahu kalo temen saya nganggap kensentrasi saya tinggi. mungkin konsentrasi dari yang menilai saya lebih rendah kelees. hehe.

saya sendiri mengetahui kalo konsentrasi saya rendah itu dari setiap menyelesaikan sesuatu jarang sekali selesai. mudah terpengaruh alam bawah sadar, "ah bentar lagi ah, masih lama, nonton tv dulu ah.." kamu pasti pernah mengalami itu. entah dalam bentuk seperti apa pun itu. "ah mandinya entar-entaran aja ah, airnya masih dingin..." sering meganggap sesuatu itu kurang penting. padahal yang sebenarnya itu bisa kita lakuin dengan segera. menurut sepengetahuan saya, kalo udah ada kalimat ‘menurut sepengetahuan saya‘ begini, biasanya saya udah mulai sok tahu, yang begini itu dinamain pemikiran yang dikendaliin sama alam bawah sadar. bikin kurang fokus. dan ini lah yang membuat saya malas dalam mengerjakan sesuatu, malas dalam menyelesaikan masalah.

Alam bawah sadar nggak selamanya bersifat negative lho fren, alam bawah sadar juga bisa kamu gunain dalam melakukan hal-hal yang positif.

pikiran sering buntu di tengah jalan. lagi suka sama cewek, terus berfikiran yang nggak-nggak, ah, dia ilfill nggak ya sama aku, ah kayaknya dia nggak suka deh sama aku. nah, pemikiran yang seperti inilah yan seharusnya dihilangkan dari muka bumi. sifat pesimistis. sifat nggak percaya diri. sifat-sifat inilah yang akan membentuk sikap pesimis yang akan diulang secara terus menerus menjadi sebuah kebiasaan buruk. astaghfirullah. jauhkanlah dari diri hamba. hehe.

tapi kapan saya menemukan cinta itu? mungkin itu kamu yang lagi baca?

Tidak ada komentar: