4.17.2014

celeg mripate



caleg gila. atas nama dunia ingin mengubah kesejahteraan orang banyak.

sebelum mengetahui hasil rekapitulasi, sebenarnya calon legislatif sudah gila. bagaimana tidak. kemungkinan jadi anggota legislatif 1 berbanding 20. gila itu namanya. itu perjudian yang hanya dilakukan oleh orang gila. bagaimana tidak gila. mikir-mikir kali kalau mau nyalon. belum dana kampanye yang harus dijadikan sesaji korupsi kalau sudah jadi nanti. siap mental kalau kalah dan kalau menang. dikira harus menyiapkan mental kalah saja? tidak. mental menang juga harus disiapkan. mental jadi pemimpin yang belum siap bisa menimbulkan sikap apastis dan sporadis tak berbatas. merasa dia berkuasa. legislatif adalah lembaga yang membuat undang-undang. sementara pelaksana undang-undang itu adalah pemerintahan, presiden dibantu jajarannya. yudikatifnya, lembaga pengawasnya adalah masyarakat.

siapa yang nggak tertarik menjadi anggota legislatif. gaji 60 juta rupiah per bulan untuk dpr pusat. itu belum tunjangan rumah dinas, kendaraan, dan esek-eseknya. embohlah. ngiler men. aku aja kalau ditawarin fasilitas kayak gitu nggak bisa nolak. tinggal dateng pas rapat, boleh telat, kalau perlu nggak usah dateng. yang dateng boleh tidur, boleh nonton bokep, boleh tidur sambil nonton bokep.

ngambeg kalo nggak kebagian komisi proyek. pertanyaannya, modal gede waktu kampanye dari mana? dari dana pribadi dong. dana pribadi yang udah kempot-kempotan itu ngembaliinnya gimana? cukup 5 tahun balik modal? nggak bisa balik modal deh kayaknya kalau hanya ngandalin 60 juta. bisa. bisa aja. korupsi aja kan gampang. yang udah pernah jadi anggota periode sebelumnya mah enak. duitnya udah nggelembung di kantong. nah yang belum pernah jadi dan kepengen masuk. dengan landasan, ini panggilan hati. prek. namun aku nggak mengelak juga ada beberapa orang baik yang bener-bener pingin ngubah negeri ini. rasa optimis harus tetap dijunjung di kala masih ada kesempatan.

Tidak ada komentar: