4.21.2014

4 sehat 5 susu



masih ingat "4 sehat 5 sempurna"? kemanakah mereka sekarang?

pesan kesehatan yang menganut sistem dari negaranya si Robbin begitu populer di negara kita sekitar tahun 1950 hingga 1995. kini udah tidak begitu gencar lagi dikampanyekan. dengan berbagai pertimbangan dari pakar kesehatan. bagi kamu penikmat dan pemuja susu. tenang. masih ada pesan kesehatan "makanan sehat dan seimbang”
.
kata sempurna menempatkan susu sebagai minuman yang istimewa. seakan belum lengkap kalau belum ada susu. asal jangan dibawa mimpi aja kalau belum sempurna.

pada kenyataannya kita (di atas usia 6 bulan) tidak terlalu butuh susu. kita hanya menggunakan susu sebagai mainan. betapa jahatnya kita.

perlukah kita meminum susu? tergantung umurnya. :D

dulu nyari susu susah banget. harus ke kandang sapi. iya kalo punya. dan memerah hingga beberapa menit. itu pun kalau susunya yang diperah tidak ngambeg dan lagi pms. sapi bisa juga keles pms. masih ada solusi. susu bisa dibeli kok. tidak usah galau yang masih jomblo.

coba tengok pernyataan di bawah.
Harvard school of public study : susu tidak membantu kepadatan tulang. (bisa dicari kalau tidak percaya)

bahkan kasus osteoporosis (keropos tulang) terjadi di negara yang produksi susunya tinggi. seperti Belgia, Swiss, Austria, Swedia, dll
yang aku tahu. susu di negara itu gede-gede ya. kok bisa gitu. maksudnya penderita osteoporosisnya mblo.

jadi apa yang membantu kepadatan tulang? benar. olahraga. susu dan olah raga memang ada kaitannya. benar kata mantan aku. boleh minum susu asal tidak berlebih. tuh dengerin. eh tuh dibaca. kalau udah mabok ya udah. tutup kembali.

susu adalah sumber kalsium dan protein. tahu tidak kalsium itu gunanya buat apa? ya biar tangan kita kuat. kan udah minum susu. tulang-tulang jadi padet.

kalau mau cari susu pergi aja ke mini market. boleh dipegang, dilihat kandungan gizinya. tapi tetep ingat. beli!! jangan cuma pegang-pegang doang.

bayi memandang susu sebagai sumber kalsium dan protein. kadang sih bayi memandang susu sebagai mainan. kamu memandang susu sebagai apa? aku sih sebagai teman hidup. lebih tepatnya teman sebelum tidur. aku minum susu sebelum tidur. susu kaleng itu lho.

tapi sekarang memang ribet. susu udah banyak baget macamnya. ada susu persiapan hamil. susu hamil. susu menyusui. yang penting susu aja deh kalau aku. ada lagi susu anak. jadi itu dikhususkan buat bayi di bawah 6 bulan. susu dewasa, ya kali aku jelaskan lagi. ya buat mendampingi pertumbuhan asal masih diimbangi dengan olah raga. jangan cuma seneng megang susunya (susu kan harus dipegang ntar jatoh. piye toh. otakmu saru).

di atas satu tahun (dianjurkan oleh dokter hingga 6 bulan namun bila sanggup sampai 1 tahun ya silahkan) susu bukanlah pokok tapi harus sudah makan pengganti. nasi, sayur, dll.

jadi. buat anak kos yang masih jomblo atau udah punya pacar tapi belom dapet jatah. siapin saja susu kaleng di kosan. minum tuh susu. :D

#tulisansainsfiksi

Tidak ada komentar: