2.16.2013

Sahabat Anak Rant(j)au

anak rantau diartikan sebagai makhluk yang kere di tempat rantaunya. jauh dari rumah dan sodara itu baru makhluk rantau sebenarnya. pengecualian kalo bokapnya pejabat, ga peduli akhir bulan ato awal bulan duitnya ngalir terus. apalagi kalo di tempat rantau ada sodara. udah anak pejabat, ada sodara pula. rantaunya setengah setengah. gak asik.

jangan pernah ngaku anak rantau kalo belum pernah merasakan laper tiap akhir bulan dateng. jangan ngaku anak rantau kalo uang kiriman gak pernah telat. jangan ngaku anak rantau kalo akhir bulan duit jajan masih banyak. jangan ngaku anak rantau kalo gak jomblo. jangan ngaku anak rantau kalo kosan ato kontrakan loe cuma satu kilo meter dari rumah.  cape deh. itu kosan ato tempat pelarian dari rumah(?)

anak rantau lekat dengan kehidupan rant(j)aunya. lekat dengan males malesan. lekat dengan layar tipi yang merangkap layar komputer. lekat dengan celana dalem nangkring di ganggang pintu. lekat juga dengan folder kuliah ampe puluhan gyga. ini mencurigakan. males ngelakuin apa apa. rajinnya kalo udah jadwal makan datang. untuk menyiasati dalam hal makan memakan (baca : waktu makan) anak rantau punya cerita sendiri. mungkin beberapa di antara kalian udah menerapkannya dalam dunia perkosaan.

apa aja itu Wan?

pertama. menjama' waktu makan pagi sama makan siang dalam satu waktu.

kedua. menjama' waktu makan sore sama malem dalam satu waktu.


selain bahasan tadi gue juga akan ngebahas beberapa temen dekat anak rantau. khusunya anak rantau di jogja.

pertama. rumah makan padang.


biasanya anak rantau yang datang ke rumah makan ini kiriman duit dari bokapnya lagi gedhe2nya. pilih menu makannya juga yang wow wow. misal dada mba ayam. udah masuk tengah bulan. pindah warung makan ke burjoan.


rumah makan padang. udah pada tau kan(?)


menu di rumah makan padang yang bisa loe coba. lumayan murah ko'


kedua. burjo.


menurut gue, warung makan yang gak kreatif ini (menurut gue) selalu make nama yang sama di setiap tempatnya. gak di sini gak juga di sana. semua pelanggan selalu manggil yang jaga dengan sapaan sama. kalo gak 'aak' pasti 'teteh'. gak kreatif kan(?)


sebenernya nama warung makan khas jawa barat ini berasal dari kata bubur kacang ijo > burjo. namun, menu makan khas andalan di sini kok jadi nasi telor ya(?)

ini dia bentuk burjo. bubur kacang ijo

nasi telor. kalo di burjoan jogja rata rata tarifnya 5000 perak. cukup murah :)



ketiga. angkringan.


tempat makan yang satu ini sangat mudah ditemukan di setiap jalanan kota jogja. baik jalanan kota sampe gang kecil pedesaan. bisa aja loe pas keluar kosan ato rumah pasti nemu nih angkringan. kalo gak nemu angkringan, ya loe nemunya burjo. angkringan dan burjo menginvasi jogja.
sejarah angkringan sendiri berasal dari kabupaten klaten. yang dibawa Lik Man ke jogja beberapa puluh tahun yang lalu. saat ini angkringan lik man masih ada kok di jogja, daerah kopi jos deket stasiun tugu.


angkringan khas jogja

wifi rasa mbayar. beberapa angkringan di jogja juga ada yang menyediakan wifi.


keempat. kosan temen.


hahaha

bukan kosan gue


'kosan temen istana gue' jadikan kosan (yang banyak nyimpen mie instant tentunya) temen sebagai kosan kedua. selain alesan silaturahmi yang bisa loe pake alesan perut kosong juga bisa loe dijadikan kambing hitam. kalo temen loe nanya, "Kenapa sih loe maen kosan gue terus?" jawab aja, "Kosan gue listriknya mati bro. mau nonton tipi gak bisa. sebel deh gue!" ingat, sambil dimanyun manyunin bibir loe. dijamin laper loe ilang. < tips sesat.

kelima. baju batik.

batik multy fungsi :P

ingat! sedia selalu baju batik di tas ato jok motor kalian bagi yang pake motor. kemanapun kalian pergi. siapa tahu kan(?) rejeki kan kita gak tahu kapan datengnya. uhuk. kere kronis.

kalo ini mah udah mentok jadi pembantu terakhir loe, kalo perut udah ga bisa diajak kompromi.

tips terakhir lebih baik dipraktikan saat akhir bulan.

salam anak kos yang rant(j)au. gak rant(j)au gak asik.

1 komentar:

Nania Kuadrat mengatakan...

tips terakhir itu pasti jadi tamu ga di undang, bermodalkan amplop kosong, tapi dapet makan banyak. (y) muehehe
jadi di mase ini anak rant(j)au tah? bukan aseli wong Jogja?