9.15.2013

Peralihan jaman dari masa 4L4y ke masa typo latah

Menurut saya, anak yang baru lulus SMA sederajat itu masih mengidap virus 4L4y. 4L4y sendiri menurut definisi dari buku 3L atau Linda Lindu Lumah merupakan suatu gelaja yang ditunjukkan sekelompok orang atau individu yang menunjukkan sifat menyimpang dari norma-norma yang ada di masyarakat dan lebih mengutamakan sifat arogansi tak terpuji dengan mengutarakan pendapat-pendapat konyol, seolah hanya kelompok atau individu itu ingin diperhatikan. Kaum 4L4y di Negara ini secara khusus tidak menghormati bahasa persatuan, dengan apa yang mereka tunjukkan, menyingkat kata atau maksud sebuah makna s3per71 1n1. Hal ini akan menimbulkan kebingungan publik dan menimbulkan keresahan bagi kaum tertentu.
Pada masa peralihan itu, kaum 4L4y tidak semata-mata menjadi manusia paripurna layaknya manusia normal. Mereka akan melewati sebuah tahap di mana typo dan latah menjadi trend di kalangannya. Hal ini tentu tidak baik bagi perkembangannya secara psikologis dan mental. Typo merupakan kelainan penulisan kata pada tata bahasa yang baku yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Diharapkan agar era typo pada kaum peralihan ini tidak berlarut-larut, sehingga bisa merambat pada bidang profesi lain seperti, typo kasih sayang dan typo dalam berhubungan dalam masyarakat, lingkungan sebenarnya.
Beberapa orang yang tidak ahli di bidangnya menggambarkan bagaimana dampak serius yang ditimbulakn oleh budaya typo ini. remaja akan mudah sekali mengeluhkan kehidupan pribadinya pada publik. Sekali lagi, ini akan mengganngu ketertiban bermasyarakat di media social. Apalagi sampai menyangkut masalah asmara. Karena di mana banyak sekali masyarakat yang telah bertahun-tahun mengalami tuna asmara. Hal ini jelas akan mengganggu hubungan kebermasyarakatan asmara di media cyber.

Maba juga akan mengalami kecanggungan saat mengucapkan kata, mata pelajaran dengan mata kuliah, serta penyebutan guru dengan dosen. Tapi, biasanya fase ini nggak akan lama. Maba akan dengan cepat menyatu dengan lingkungan kampus.

Beberapa hal yang membuat maba susah menyatu dengan kampus.

Susah ngikutin fasion temen
Tono adalah anak seorang petani sukses di kampungnya. Bapak Tono pingin anaknya melanjutkan sekolahnya di kota. Namun, kehidupan Tono di kampung dengan di kota saat ini dia menempuh ilmu jelas sangat berbeda. Tono biasanya berak di pinggir kali waktu di kampung, harus menemui water closed duduk saat ia di kota. Alhasil, Tono justru kesusahan mengeluarkan zat sisa pembuangannya itu, ia pun sering mengalami susah berak. Tono memutuskan untuk mencari tempat tinggal yang kamar mandinya menggunakan wc duduk, setidaknya wc duduk mirip posisi beraknya di kampung. Sesampainya menemui wc duduk, Tono justru menggunakan wc barunya ini dengan duduk, hasilnya bisa ditebak, Tono menduduki wc jongkok. (kodian cuk)

Salah jurusan
Bagi maba yang bener-bener mengalami ini disarankan untuk mendaftarkan kembali ke jurusan yang diinginkannya pada masa penerimaan berikutnya. Efek dari salah jurusan sangat fatal. Semangat belajar hampir-hampir nggak ada. Hasilnya, jarang masuk kampus. Namun, kalian bisa saja bertahan di jurusan kamu saat ini dengan cara sabar dan bertahap. Karena Gusti Allah mencintai orang yang berbuat sabar dan sholat sebagai penolongnya.

Nggak bisa jauh dari keluarga
Tipe maba itu macem-macem. Ada yang mempunyai kepribadian baik dan murah senyum, jutek kayak Lolita, penakut, pemberani kaya si Vicky, dan masih banyak lagi. Kesemua sifat itu bertemu dan akan membentuk sebuah ego baru. Hukum rimba bisa saja memerankan perannya di sini. Siapa yang nampak garang akan di takuti (sayangnya mereka juga dihormati), dan siapa yang nampak lemah lembut akan dipenjarakan mentalnya oleh si garang tadi. Hal semacam inilah yang harusnya dihindari oleh manusia yang beriman. Sifat saling menindas dalam content ini sangat keliru. Sebagai makhluk sosial harusnya kita bisa saling mencintai dan menyayangi.

LDR sama pacar
Mending kalian kuliah dulu yang bener deh. Itu saran saya. Kalo pacaran banyak maksiatnya. #SirikSamaYangPunyaPacar

Chulture shock
Ini hampir sama pada point ‘’susah ngikutin fasion temen’’ hanya saja cakupannya lebih luas. Meliputi budaya, agama, adat setempat, dan suku sesame maba.
Maba yang kebiasaan di kampung misalnya alim banget begitu melihat kondisi masyarakat sekitar ikut terbara arus. Jangan seperti ini ya. Ingat. Bahwa Gusti Allah selalu di hati kita semua, di manapun itu berada.
Maba yang cara berpakaian saat di kampung hanya memakai cawet, pas di kota malah nggak pake cawet saat kemana-mana. Parah yang ini, sumpah.
Lantas apa efek dari kesemua itu, beberapa di antara maba akan membentuk sebuah koloni maba dengan trend fasion tinggi dengan trend fasion yang biasa-biasa saja. Sing penting ojo jotos-jotosan yo.


Apapun itu hal yang bisa membuat kalian nggak atau belum bisa menyatu dengan lingkungan baru. Ketahuilah, bahwa dunia pasti akan berubah kecuali perubahan itu sendiri.

Tidak ada komentar: