1.14.2014

Sama-Sama Enak Dek



bermalas-malasan di malam minggu bagi kaum jomblo sudah menjadi rutinitas bahkan agenda wajib mereka. namun, ada yang lebih mengenakkan, yaitu berdisiplin diri dalam melakukan setiap hal. karena disiplin itu enak.

disiplin bisa dalam bentuk apa saja dan kapan saja. disiplin nggak harus dimulai dari hal yang berat-berat. kalau kamu memang belum terbiasa melakukan disiplin diri dan berusaha untuk berdisiplin diri dari hal kecil. coba saja dimulai dengan hal sederhana yang seharusnya bisa kamu lakukan, hanya saja hal itu tertunda karena rasa malas yang lebih besar daripada rasa rajinnya. pasti kamu akan merasaan hal kecil itu dan mencoba melakukannya lagi dan lagi pada tingkat yang lebih besar dan sering.

disiplin mematikan peralatan listrik tak terpakai misalnya. hal ini sering kita lakukan. menyalakan televisi tak terpakai hanya sebagai peramai suasana, menyalakan kipas angin hanya karena kangen merindukan suara gemerisik kipas angin masa lalu bersama mantan.

disiplin belajar. belajar nggak harus membuka buku pelajaran yang susah waktu pelajaran sekolah. belajar dari kehidupan sehari-hari. belajar dari apa yang kita lihat dan rasa juga termasuk belajar terhadap alam serta lingkunan sekitar. termasuk berdisiplin dalam mandi dua kali sehari. karena mandi bukan hanya buat kita. tapi, juga buat orang di sekitar kita. nggak mau kan dijauhi karena bau badan kamu yang menyengat.

disiplin berhenti bermain internet/ seperlunya. bermain itu boleh. berselancar di dunia internet itu perlu, asal tahu waktu dan porsi saja. gunakan seperlunya dan sebutuhnya. tinggalkan yang nggak perlu dan tak terpakai.

disiplin tidur/ bangun pagi. jangan terlalu tidur larut malam. begitu juga jangan terlalu bangun kesiangan. dengan catatan, kalau kamu mau tidur larut malam kamu juga harus bisa bangun pagi. atau setidaknya, mengganti porsi waktu yang kamu pakai dengan estimasi waktu yang sama juga.

disiplin menjadi teratur. kalau teratur kan enak.

Tidak ada komentar: