10.27.2013

Pemuda Kreatif Untuk Perubahan

Pemuda Kreatif Untuk Perubahan

Pemuda merupakan ujung perubahan tombak perubahan. Melalui proses kreatif yang dimilikinya, anak muda akan sangat menggebu dalam mengajukan proposal masa depan bangsanya. Seperti yang tercermin pada Sumpah Pemuda, 28 Oktober. Kreatif adalah sebuah proses penemuan ide yang bilamana ide itu dipertemukan dengan semangat perubahan ala anak muda maka akan menjadi sebuah keajaiban di era sekarang.
Apa yang menjadi kegelisahan anak muda saat ini merupakan rintangan-rintangan kecil yang seharusnya bisa dengan mudah disingkirkan. Sayangnya tak banyak anak muda yang tahu ini. beberapa di antara mereka menjebakkan dirinya sendiri pada dunia maya modern. Terpaku dalam modernitas yang sama menggebu juga. Belum ada perlindungan diri yang kuat terhadap serangan budaya luar. Apa? Orangtua? Sekolah? Rumah?
Menyalurkan bakat anak muda. Mungkin itu salah satunya. Dengan bakat yang sudah sejak sekolah dasar hingga beranjak kuliah, hanya terpendam dalam ruangan kotak berukuran tak lebih dari 10 kali 10 meter. Dengan sedikit keberanian. Missal: menjadi seorang penulis, jika anak muda punya kebiasaan mengimajinasikan bahasa kreatifnya. Atau dalam bentuk kegiatan positif lain. Tetap semangat serta senyum semangat.

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Semoga isi sumpah pemuda di atas mampu membangkitkan semangat putra dan putri Indonesia seperti yang tercermin dalam semangat putra dan putri Indonesia tahun 1928 lalu.


Selamat hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2013. Semoga putra putri Indonesia semakin kreatif untuk perubahan yang positif.

Tidak ada komentar: