7.15.2014

antara kesempitan dan rasa sakit



percaya nggak? kalo masa smp gue suram. bisa dibilang suram abis. gue pernah diludahin kakak kelas di bagian muka dengan alasan yang sederhana. gue lewat di depannya tanpa membungkuk. sederhana bukan? gue lewat di gang menuju kantin yang lebar gangnya satu setengah meter.

itulah kenapa di masa smp, gue temennya dikit. betul, gue cupu waktu smp. pendiem. nggak banyak temen yang mau kenal. nggak banyak temen yang mau kenal sama gue. bahkan bisa dikata, sedikit. untuk masa pertumbuhan, gue merasa di masa ini gue nggak berkembang. sekolah selama tiga tahun di bawah tekanan kekerasan kakak kelas. sayangnya, kegiatan ilegal ini seakan mendapat restu di lingkungan sekolah. seakan malak dan nabok muka adik kelas itu tradisi yang harus dijaga turun temurun.

untung gue masih diberi rasa syukur. masih ada temen yang menganggap gue patut dijadikan temen. beberapa minggu lalu temen gue masa smp nelpon"Lu masih inget gue kagak?", walau di ponsel gue kagak tertulis namanya dia tapi gue masih mengingat namanya dengan lengkap. Yoi dong, gue, yongkru.

sempat terbelit di kepala gue yang kotor ini. kenapa di antara ratusan temen smp, gue satu-satunya yang dia hubungin? kenapa? padahal waktu smp dulu dia nggak deket-dekt banget sama gue. hanya saja pernah sekelas dan itu juga sebatas kenal, nggak lebih. mungkin dia suka sama lu kali, jadi dia ngehubungin teman lama, nggak salah juga kali Wan. iya sih nggak salah. tapi kenapa harus gue, cowok cupu yang sedikit temen. lu masih percaya ada orang baik di bumi ini kan Wan? iya gue masih percaya itu.

setelah ngobrol via telpon dan chat whatsapp, seneng juga denger kabar dari dia yang udah punya adik kecil. dia udah nikah. gue bersyukur karena gue masih bisa melanjutkan pendidikan sampe bangku kuliah, melihat kondisi temen-temen gue yang harus menikah demi menuruti orangtuanya. gue pikir itu bukan pilihan yang buruk juga.

bukan berarti selama tiga tahun terpasung, romansa di masa smp gue nggak ada. ada bro. gue juga masih percaya kalo buah durian itu enak. gue masih percaya kalo di balik duri yang tajam menyimpan buah yang turun dari surga. walau tak semua orang suka, itulah persepsi. kadang kita salah menilai sesuatu yang belum kita ketahui. pengalaman yang berbicara. gue sempet berfikiran kalo durian itu baunya menyengat dan itu memang benar. pertama, karena gue belum perah mencoba makan durian, hanya mencium aromanya. setelah gue dipaksa temen gue yang udah gila sama durian, gue langsung muntah. ya iyalah. rasa suka kadang juga perlu waktu untuk penyesuaian. setelah dipaksa mencoba sama temen, lambat laun gue secara resmi dan meyakinkan mencintai durian. gue suka elu.

di antara kesempitan dan rasa sakit, Tuhan telah menyelipkan kenikmatan dalam kehidupan. Iya nggak bro?

di masa tiga tahun penderitaan gue, ada kisah-kisah mengharukan karena gue pernah dapat nilai 9 untuk mata pelajaran fisika, yang sebelumnya gue sempet itu mustahil. gue juga pernah punya temen yang baik hati minjemin duitnya karena duit gue habis dipalak kakak kelas. dan gue juga pernah suka sama cewek. sayang hingga sekarang dia nggak tahu kalo gue suka sama dia. memang sakit, rasa suka yang nggak disampaikan. hehe.

Tidak ada komentar: