11.01.2013

to be JOMBLO

Mungkin, ini satu-satunya post di blogku yang menggunakan perpaduan bahasa Inggris dan bahasa alay. - mohon dimaklumi pembaca, alay bisa melanda siapa saja tak terkecuali kamu yang sedang baca post ini.

to be jomblo. kalau diterjemahkan kedalam bahasa keseharian kita berarti 'menjadi jomblo', tidak sedang dalam menjalin hubungan status dengan lawan jenis.

alhamdulillah, siang jumat ini (tadi) saya jumatan secara berjamaah di masjid. alhamdulillah sekali pembaca. plis jangan bahas masa laluku dengan mantan di sini. bukan saatnya.

jomblo. semoga pembaca tidak kaget dengan kata itu. karena sebagian banyak kaum jomblo sering mendapat perlakuan yang berbeda di lingkungan manusia. mereka diasingkan, diolok-olok, dicaci maki, ditendang, diludahi, dibully baik secara bahasa maupun tindakan. oh no. sampai sini saja menyakiti kaumku. stop bullying di sekolah.

beberapa di antara pembaca mugkin sudah ada yang melihat iklan di tv yang menggambarkan seorang pemuda jomblo sedang menunggu bus di halte kemudian seorang anak kecil mengatainya, "truk aja gandengan, kok si om gak gandengan." sungguh keji. mohon untuk tidak ditiru pembaca.

pembaca bagusmerapat yang beriman, betapa kisah di atas sangat mengenaskan. truk saja gandengan. kaum jomblo disamakan dengan truk. wtf. siapa bapak dari anak kecil itu? siapa? plis. kirim alamat rumah dan nomor telp ibu dari anak kecil itu. penting.

memang begitu kenyataan yang ada di lingkungan masyarakat kita. minoritas selalu dikalahkan. minoritas selalu ditindas oleh kekuasaan. seburuk itukah budaya yang melekat di hati masyarakat negeri ini. semoga tidak.

lantas keberadaan kaum jombo di bumi ini dipandang sebagai apa? perusuh? koruptor? nggak kan.

Tuhan itu maha adil. bahkan ciptaan Tuhan di alam semesta ini selalu berpasangan. (Ali Imran : 190)
ganteng jelek. siang malam. sakit sehat. tinggi rendah. senang susah. lantas, apa kaum jomblo harus mencari pasangan? harus. kalau nggak dapet-dapet kepiye jal?

sabar. tetaplah menjadi kaum jomblo yang mencerminkan sikap sabar. selalu menunjukkan prasangka baik terhadap Tuhan tentang keadaan kita. tunjukkan bahwa kita bisa menghadapi dunia yang kejam ini dalam keadaan jomblo. jomblo bersatu tak bisa dikalahkan.

ingat. jangan sekali-kali memaksakan cinta, cinta yang belum siap untuk dimasuki (perasaan cinta), apalagi mandi di kali, akan selalu membuat keterpaksaan lainnya. #uwopoh

berprasangka baik pada Tuhan jangan hanya kalau sedang senang aja, sedang susah pun harus. karena pada saat susah itu kita hanya melihat sesuatu dari kaca kuda mata nafsu saja. pakai kaca kuda mata hati. bersabarlah sedikit, pasti ada hikmah dan kebaikan di balik semua ciptaan Tuhan. semua ini merupakan sunnatullah, dan karena sunnatullah maka semua itu baik. apalagi dengan mata hati yang dicampur perasaan baik.


*tidak menerima jasa curhat di malam minggu. buka setiap hari kecuali minggu. jam bebas.

Tidak ada komentar: