12.01.2013

Sepiring Berdua

hari ini 1 desember 2014. kamu pasti sudah tahu, seluruh dunia memperingatinya sebagai hari AIDS sedunia. sebagai informasi saja, dari peringatan ini diharapkan agar kita bisa mencegah penyebaran virus HIV yang disebabkan olehnya.

sumber: google

apa itu HIV?
HIV merupakan kependekan dari Human Immunodeficiency Virus. jadi virus ini menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita tidak bisa bertahan akan serangan berbagai penyakit.

penyakit seperti apa yang ditimbulkan?
nah, penyakit itu salah satunya; TBC, diare, sakit kulit dan lain sebagainya.

apa itu AIDS?
AIDS adalah kependekan dari Acquired (didapat) Immune (kekebalan tubuh) Deficiency (kekurangan) Syndrome (gejala) ya, kurang lebihnya bermakna, gejala yang dirasa ketika kekebalan tubuh berkurang (diserang HIV). jadi apa dong beda antara HIV dengan AIDS? HIV itu virusnya, AIDS itu kondisinya orang yang kena HIV.

bagaimana penyebaran?
berhubungan badan dengan pengidap HIV, berhubungan badan dengan berganti pasangan tanpa kondom (bukan berarti menggunakan kondom dan berganti dengan banyak pasangan lho ya), kontak darah dengan pengguna HIV, penggunaan jarum suntik secara bergantian dan dengan pengguna HIV, ibu yang terinfeksi HIV menyusui anaknya.

penyebaran virus ini hanya bisa dilakukan melalui; darah, cairan vagina, cairan sperma, air susu ibu.

bagaimana pencegahan?
sederhana sih, hindari point bagaimana penyebaran yang udah ditulus di atas.

siapa saja yang bisa tertular?
sederhana juga kok, sama seperti pertanyaan di atasnya ini.

INGAT HIV tidak menular melalui; gigitan nyamuk, bersalaman dengan pengidap HIV, cipokan dengan pengidap HIV, makan sepiring berdua atau beramai-ramai, tinggal serumah dengan pengidap HIV.

JANGAN HINDARI ORANGNYA, JAUHI SIFAT BURUKNYA (MANTAN).

Tidak ada komentar: